Sunday, March 31, 2013

MANHAJ TABLIGH MUHAMMADIYAH



PENGERTIAN MANHAJ

Secara leksikal,manhaj (
منهج) atau minhaj (منهاج) berarti “jalan yang jelas” (الطريق الواضح). Berasal dari kata nahaja al-thariqu ( بمعنى وضح واستبان، وصار نهجا واضحا بينا نهج الطريق) : “jalan tersebut jelas dan terang.” Dalam surat Al-Ma’idah ayat 48 terbaca sebagai berikut:

لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا
 

Al-Imam Al-Alusi dan Ibnu ‘Asyur menjelaskan “minhaj” sebagai jalan yang luas dan terang dalam agama.” Sementara menurut Ibnu Katsir dan Rasyid Ridla, tuntunan atau jalan yang mempermudah manusia menuju tujuannya tanpa tergelincir dan menyimpang.

Dengan penjelasan arti kata tersebut, manhaj tabligh/dakwah Muhammadiyah dapat diartikan

sebagai, “sejumlah rumusan yang menjadi pijakan, prinsip dasar (mabda’/munthalaq), tujuan (ghayah), metode (thariqah), model pendekatan (uslub) dalam menjalankan aktifitas tabligh dan dakwah Persyarikatan Muhammadiyah yang bersifat komprehensif dan integral mencakup seluruh persoalan dakwah; keilmuan, praktek, pemikiran, perilaku muballigh/da’i termasuk seluruh organ amal usaha dan warga Persyarikatan dalam mewujudkan cita-cita suci Muhammadiyah : masyrakat Islam yang sebenar-benarnya, baldatun thayyibatun wa Rabbun ghafur.”

قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ
 

“Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik." (Q.S. Yusuf : 108)

Manhaj Dakwah/Tabligh Muhammadiyah bersumber pada Al-Qur’an al-Karim dan Sunnah Maqbulah, sebagaimana manhaj Muhammadiyah dalam ber-istidlal. Manhaj dakwah inipun bersifat terbuka dan toleran serta tidak mengklaim sebagai satu-satunya manhaj yang benar. Oleh karenanya manhaj ini selalu berpeluang untuk terus diperbaiki dan disempurnakan. Terlebih bahwa persoalan-persoalan tabligh dan dakwah akan semakin kompleks seiring dengan tantangan-tantangan multidimensional dan kemajuan hidup manusia di masa sekarang dan mendatang.

No comments:

Post a Comment